Wisata Ke Kota Sydney

Sydney adalah kota tujuan wisata utama bagi wisatawan dan merupakan kota terbesar di Australia. Negara Australia ibukotanya adalah Canberra dan Kota Sydney berada diwilayah Negara Bagian New South Wales.
Salah-satu wisata di Sydney adalah wisata tepi pantai, Sydney mempunyai wisata tepi pantai yang patut dibanggakan, dengan pantai dan teluk yang total panjangnya sekitar 250 kilometer menjadikan tepi pantai Sydney sebagai daerah pariwisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Ditepi pantai ini bangunan-bangunan yang berdiri terlihat sangat teratur sehingga ikut mendukung terciptanya suasana wisata yang nyaman, teratur dan rapi. Wisatawan dapat juga berkeliling pelabuhan dengan alat transportasi laut yaitu dengan naik kapal feri yang disediakan untuk tamasya keliling pelabuhan. Dari atas kapal feri pesiar dikawasan Sydney Harbour, wisatawan dapat berkeliling melihat Sydney Opera House dan Sydney Harbour Bridge yang menjadi kebanggaan Kota Sydney, melihat rumah-rumah pantai yang cantik dan artistik dan dari kejauhan terlihat Kebun Binatang Taronga Zoo yang ditumbuhi pepohonan lebat.
Di Sydney Harbour, tepatnya di daerah Bennelong Point, wisatawan dapat mengunjungi Sydney Opera House (Gedung Opera Sydney). Gedung Opera ini berdekatan dengan Sydney Harbour Bridge (Jembatan Sydney Harbour), kedua bangunan ini adalah wisata utama Kota Sydney.

Wisata Utama Kota Sydney
Kota Sydney memiliki 2 (dua) wisata utama yaitu Sydney Harbour Bridge (Jembatan Sydney Harbour) dan Sydney Opera House (Gedung Opera Sydney). Kedua wisata utama ini adalah ikon bagi Negara Australia, khususnya bagi Kota Sydney.

Sydney Harbour Bridge (Jembatan Sydney Harbour)
Sydney Harbour Bridge adalah sebuah jembatan lengkung berkerangka besi dengan ketinggian puncaknya setinggi 134 meter diatas permukaan laut, pan­jang lengkungannya mencapai 1.149 meter, lebar jembatan 48,8 meter dengan berat baja 39.000 ton. Sydney Harbour Bridge mempunyai berat total sekitar 52.800 ton. Di atas jembatannya dibagi atas beberapa jalur, yang terdiri dari jalur kereta api, kendaraan bermotor, sepeda, dan trotoar.
Sydney Harbour Bridge terletak di Pelabuhan Sydney (Sydney Harbour) dan berfungsi sebagai jalur utama untuk menyeberangi Pelabuhan Sydney yang menghubungkan antara Distrik Bisnis Sentral Sydney (Sydney CBD) dengan wilayah utara Sydney (North Sydney).
Pada tahun 1890, Francis Greenway seorang arsitek, mempunyai ide untuk membuat jembatan, kemudian pada tahun 1912 pembangunan jembatan dan rel kereta api diatasnya mulai dikerjakan dan John Brad­field ditunjuk sebagai insinyur yang memimpin proyek.
Pada tanggal 19 Maret 1932, Sydney Harbour Bridge mulai dibuka.

Prestasi Sydney Harbour Bridge
Pada tahun 2004, Sydney Harbour Bridge masuk Gui­ness World Records sebagai jembatan paling lebar di dunia yaitu dengan lebar 48,8 meter dan sekaligus tercatat sebagai jembatan lengkung berkerangka besi tertinggi di dunia dengan puncaknya berada pada ketinggian 134 meter di atas permukaan laut. Prestasi yang lainnya adalah tercatat sebagai jembatan lengkung besi terpanjang nomor empat di dunia.

Tur Mendaki Sydney Harbour Bridge
Jika suka dengan tantangan, wisatawan dapat menikmati keindahan Sydney Harbour dari sebuah ketinggian, maka wisatawan dapat mengikuti tur mendaki Sydney Harbour Bridge sampai setinggi 134 meter di atas permukaan laut. Tur mendaki Sydney Harbour Bridge adalah sebuah program wisata yang dibuka pertama kali pada tanggal 1 Oktober 1998. Agar aman ketika mendaki Harbour Bridge, maka sebelumnya oleh tim medis akan dilakukan dahulu pemeriksaan kesehatan, setelah itu pemandu wisata akan memberikan sebuah pelatihan cara menggunakan peralatan dan perlengkapan pengaman.
Tiket untuk mengikuti tur mendaki Sydney Harbour Bridge adalah cukup mahal, berkisar antara $179 - $295 Australia, ini tergantung waktu yang dipilih oleh wisatawan. Tiket yang termahal adalah mendaki Sydney Harbour Bridge pada saat menjelang malam atau menjelang matahari terbit. Pada saat menjelang malam atau menjelang matahari terbit ini, Sydney terlihat begitu indahnya dari atas ketinggian Sydney Harbour Bridge. Kegiatan tur mendaki Sydney Harbour Bridge ini dapat diikuti sepanjang hari dari hari senin sampai hari minggu.
Walaupun tiketnya mahal tidak mengurangi minat wisatawan untuk mengikuti tur mendaki Sydney Harbour Bridge, setiap harinya ratusan orang antri untuk ikut program tur mendaki Sydney Harbour Bridge. Sydney Harbour Bridge sudah didaki oleh bermacam-macam kalangan, mulai dari rakyat biasa hingga orang terkenal, seperti pemimpin dunia, kaum bangsawan, aktor dan aktris, penyanyi, atlet dan lain-lainnya.
Mendaki Sydney Harbour Bridge berarti siap untuk menghadapi sebuah ketinggian, tekanan udara dan angin yang berhembus dengan kencang, sehingga tidak semua orang sanggup menghadapi tantangan ini, sebagai alternatifnya wisatawan dapat memilih tantangan yang lebih ringan dan murah biayanya yaitu dengan memanjat bangunan pondasi utama diantara dua sisi jembatan. Biaya untuk memanjat bangunan pondasi hanya bertarif sekitar $9 Australia.
Sebagai catatan :
Chriss Muller adalah seorang nenek berusia 100 tahun, pada tahun 1999 telah berhasil menaklukkan Sydney Harbour Bridge dan dinobatkan sebagai pendaki Sydney Harbour Bridge yang tertua.
pada tanggal 14 April 2003, pukul 10.45 waktu setempat, peserta tur mendaki Sydney Harbour Bridge yang ke 1.000.000 ditempati oleh Elizabeth Farrington dari York, Inggris.

Sydney Opera House (Gedung Opera Sydney)
Sydney Opera House adalah sebuah gedung pertunjukkan seni dengan disain bangunan abad ke-20. Gedung ini diperuntukkan sebagai tempat untuk berbagai pertunjukkan seni, seperti konser symphony, opera, dansa, musik kamar, pop, jazz, musik rakyat, ballet & tarian, drama & tarian, bioskop, pertunjukan seni modern & kontemporer dan pertunjukkan seni lainnya.
Sydney Opera House dibangun diatas tanah seluas 2,2 hektar dan bangunannya sendiri menempati tanah seluas 1,8 hektar. Sydney Opera House terletak di Sydney Harbour, tepatnya di daerah Bennelong Point.
Jorn Utzon dari Denmark adalah arsitek yang mendesain Sydney Opera House, pada tahun 1957 hasil karya Jorn Utzon terpilih setelah berhasil mengalahkan 232 rancangan dalam sebuah kompetisi. Pada tahun 1959, Sydney Opera House mulai dibangun dan selesai pada pertengahan tahun 1973. Pada 20 Oktober 1973, Sydney Opera House diresmikan oleh Ratu Elizabeth II.

Yang Menarik Dari Sydney Opera House
Sydney Opera House mempunyai bentuk yang unik yaitu bentuknya seperti cangkang keong yang bertumpuk-tumpuk. Menariknya lagi, Sydney Opera House letak bangunannya persis di ujung Teluk Sydney yang berhadapan dengan Sydney Harbour Bridge.
Setiap harinya Sydney Opera House selalu ramai dikunjungi karena selain sebagai tempat untuk pertunjukkan seni, didalam gedung ini terdapat juga banyak restoran yang menyajikan berbagai jenis masakan dan minuman sehingga Sydney Opera House selalu ramai dari pagi hingga malam hari.
Sydney Opera House dikelilingi oleh pemandangan yang indah dan menyenangkan, di sisi timur Sydney Opera House terdapat Teluk Farm. Di sisi barat terdapat Sydney Harbour Bridge serta pusat kesibukan feri.
Di sisi utara adalah Teluk Sydney yang ramai lalu-lintasnya dengan berbagai kapal pesiar, feri dan boat. Di sisi selatan terdapat bangunan pencakar langit Kota Sydney.
Pada sisi sebelah barat Sydney Opera House, disepanjang pinggir pantainya terdapat restoran, sambil duduk menikmati makanan dan minuman, wisatawan dapat menikmati pemandangan Teluk Sydney, Sydney Opera House, Sydney Harbour Bridge serta lalu lalangnya boat, feri dan kapal pesiar.
Sydney Opera House mempunyai daya tarik wisata yang luarbiasa, tiap tahunnya jutaan wisatawan datang ke Kota Sydney untuk berwisata ke salah-satu wisata utama Kota Sydney ini yaitu Sydney Opera House.

Fasilitas Didalam Sydney Opera House
Sydney Opera House mempunyai ruang utama, yang terdiri dari Concert Hall, Opera Theatre, Drama Theatre, Playhouse, Studio, Reception Hall & Halaman.
Terdapat ruangan terbesar, yang terdiri dari 5 auditorium utama, 4 restaurant, ruang istirahat dan ruang ganti.
Didalam Sydney Opera House terdapat sekitar 1000 ruangan.

Beberapa Wisata Lainnya Di Kota Sydney :
Darling Harbour
Darling Harbour memiliki daerah yang cukup luas yaitu meliputi perairan Cockle Bay dan King Street Wharf. Darling Harbour adalah tempat dari berbagai pusat kegiatan dan atraksi. Pada pagi hari, Darling Harbour banyak dikunjungi oleh wisatawan yang bersantai di kafe atau dipinggir pelabuhan, dikunjungi pebisnis dengan aktivitasnya dan juga dikunjungi oleh anak sekolah untuk belajar di alam terbuka.
Ketika menjelang malam, Darling Harbour semakin bertambah ramai pengunjungnya, yang menikmati hembusan angin laut sambil mendengarkan musik dan menikmati pesta dimalam hari.
Di Darling Harbour, wisatawan dapat mengunjungi pusat rekreasi, taman, pusat perbelanjaan (shopping di Market City), pasar, teater film 3 dimensi (Teater IMAX), Chinese Garden of Friendship, The Outback Center, Sydney Aquarium, National Maritime Museum, Powerhouse Museum, Sydney Tower, Palm Grove Park, Sydney Exibition Centre, Entertainment Centre, Sydney Wildlife World dan lainnya. Terdapat juga fasilitas hotel, kafe, restoran, restoran terapung.
Jika ingin belanja pakaian, hasil kerajinan kaum Aborigin dan produk-produk dari kulit, wisatawan dapat belanja di kawasan Darling Harbour.

The Rocks Market
The Rocks Market adalah sebuah art market yang hadir hanya di akhir pekan, terletak di George Street dengan tenda-tenda putihnya yang berjajar rapi. The Rocks Market menyajikan bermacam-macam kebutuhan yang diperlukan. Disini wisatawan dapat melihat berbagai macam produk rumah tangga sampai dengan produk teknologi. Di The Rocks Market, tergabung didalamnya seperti galeri seni, toko busana, toko perhiasan, toko barang antik, hotel, kafe, resto, bar, pub, museum dan lain-lainnya
The Rocks Market, mulai buka dari pukul 10 pagi sampai pukul 5 sore.

Sidney Then & Now
Sidney Then & Now, dikelola oleh Historic Houses Trust (HHT) yang bertujuan untuk memperlihatkan suasana Sydney dari dulu hingga kini dengan menampilkan berbagai macam peristiwa sejarah, arsitektur dan fotografi. Disini, wisatawan dapat menikmati koleksi rumah tua, bangunan pemerintah, taman, pantai, farm dan beberapa kawasan urban.

Taronga Zoo
Taronga Zoo adalah kebun binatang yang memiliki koleksi besar fauna Australia ditambah dengan fauna dari seluruh dunia. Di Taronga Zoo terdapat fauna seperti : Kanguru, Koala, Wallabees, Wombat dan sebagainya.

Hal Yang Menarik Di Kota Sydney
Kota Sydney mengalami hujan sepanjang tahun, karena Sydney beriklim oceanic dimana pada saat musim dingin udaranya tidak terlalu dingin antara 17 °C - 20 °C dan pada musim panas udaranya tidak terlalu menyengat antara 20 °C - 28 °C. Di Sydney dapat terjadi hujan hanya dalam beberapa menit kemudian hujan berhenti dalam beberapa menit dan kembali hujan lagi dalam beberapa menit. Bagi pejalan kaki ada baiknya membawa payung.

Transportasi Kota Sydney
Tersedia fasilitas transportasi darat, seperti bus, taksi, monorail.
Tersedia fasilitas transportasi air, seperti boat, feri, kapal pesiar.


Recommended Posts :

1 comments - Skip ke Kotak Komentar

Post a Comment - Back to Content

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))