Columbus Monument (Monumen sebuah Colom di Katalan, juga dikenal sebagai seorang Monumento Colón dan Mirador de Colón di Spanyol) adalah 60 m (197 kaki) tinggi untuk monumen Christopher Columbus di bagian bawah dari La Rambla, Barcelona, Spanyol. Ini dibangun untuk Exposición Universal de Barcelona dan terletak di tempat di mana Columbus kembali ke Spanyol setelah pelayaran pertamanya ke Amerika. Monumen berfungsi. Sebagai pengingat bahwa Barcelona adalah tempat Christopher Columbus melaporkan kepada Ratu Isabella dan Ferdinand setelah perjalanan Columbus yang paling terkenal.

Keterangan:
Patung dan kolom:


Pada bagian paling atas monumen berdiri 7,2 m (24 kaki) patung perunggu tinggi puncak 40 m (131 kaki) kolom Korintus tinggi. Patung ini dipahat oleh Rafael Atché dan dikatakan untuk menggambarkan Columbus menunjuk ke arah Dunia Baru dengan tangan kanannya, sambil memegang sebuah gulungan kitab di kiri. Seperti telah diletakkan, bukannya menunjuk ke barat menuju Dunia Baru, titik patung timur menuju kota seharusnya rumah Columbus dari Genoa. Patung tersebut adalah di atas sebuah socle, di mana kata “Tierra” (tanah) adalah tertulis.
Alas:



Patung Pastor Bernat de mendidih, dengan medali dari Marques dan Marquessa de Moya belakang.Kolom, tergantung dengan perangkat bantalan anchor berdiri di atas alas segi delapan dari empat perunggu yang bersayap Kemenangan atau Phemes terbang terhadap empat penjuru dunia, di atas griffins pasangan. Empat penopang terhadap beruang segi delapan medali potret alas yang menggambarkan orang-orang yang terkait dengan Columbus:
1. Martín Alonzo Pinzon
2. Pinzón Vicente Yanez
3. Ferdinand II dari Aragon
4. Isabella I dari Kastilia
5. Pastor Juan Pérez
6. Pastor Antonio de Marchena
7. Andrés de Cabrera, Marques de Moya
8. Beatriz Fernández de Bobadilla Marquessa, de Moya

Duduk terhadap penopang empat tokoh yang mewakili empat realms Spanyol: Kerajaan Catalonia, dan kerajaan-kerajaan Leon, Aragon, dan Kastilia.
Melawan dasar alas antara penopang empat patung tambahan:
1. Jaume de Blanes Ferrer, seorang pembuat peta Katalan
2. Luis de Santángel Bessant
3. Kapten Pedro Bertran i de Margarit, di samping berlutut India
4. Bapa Bernat de mendidih, khotbah ke berlutut India

Sebuah lift di dalam kolom yang membawa pengunjung ke sebuah platform melihat di bagian atas (tepat di bawah socle itu).
Dasar:

Dasar monumen adalah 20 m (66 kaki) lingkaran lebar, dengan empat tangga. Setiap tangga diapit oleh dua singa.
Konstruksi:
Ide monumen Columbus datang tahun 1856 dari Antoni Fages i Ferrer, yang mengusulkan bahwa itu akan dibangun sepenuhnya oleh Catalans, tetapi dia tidak bisa di mana saja dengan rencananya selama enam belas tahun. Akhirnya pada tahun 1872 ia mendapat dukungan dari walikota kota, Francesc Rius i Taulet, dan pada tahun 1881 kota meloloskan resolusi untuk membangun monumen. Sebuah kontes diadakan khusus untuk seniman Spanyol untuk menyerahkan desain mereka dengan pemenang yang Gaietà Buigas i Monravà, sebuah Katalan. Sebagian besar uang itu pribadi dibangkitkan, dengan hanya 12% yang dibiayai dengan dana publik. Semua dana yang berasal dari sumber-sumber Spanyol dan pembangunan seluruh (tenaga kerja dan bahan) dilakukan oleh Catalans. Pembangunan dimulai pada tahun 1882 dan selesai pada tahun 1888 dalam waktu untuk Exposición Universal de Barcelona.